Meski teknologi di dunia kesehatan sudah semakin canggih, tidak ada salahnya untuk mengenal cara menurunkan kolesterol secara alamiah. Pasalnya ada berbagai obat herbal di sekitar lingkungan yang belum banyak orang tahu. Padahal setiap penyakit tidak melulu bergantung pada obat kimia. 

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alamiah

Kadar lemak jahat di dalam tubuh memang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Terutama jika sudah terjadi plak pada pembuluh arteri. Hal itu dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh mengalami nyeri atau kaku sebab tidak mendapat aliran darah yang cukup. 

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alamiah

1. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Kelebihan kadar kolesterol dalam darah akan menyebabkan terjadinya penyumbatan. Alhasil aliran darah menjadi tidak optimal ke seluruh bagian tubuh. Nah, dengan konsumsi magnesium dapat meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mencegah penyumbatan pembuluh darah. 

Makanan yang tinggi magnesium bisa Anda temukan pada kedelai, ikan, sayuran hijau, tempe, tahu, maupun gandum utuh. Selain itu batasi konsumsi lemak tak jenuh selagi dalam masa pengobatan. 

2. Bawang Putih

Siapa sangka bahwa sayuran yang masuk dalam kategori bumbu dapur ini juga dapat menurunkan kolesterol secara alami. Di dalam satu siung bawang putih telah mengandung flavonoid dan saponin yang dapat mengurangi kadar kolesterol. 

Agar lebih manjur, sebaiknya bawang putih dikonsumsi secara langsung alih-alih sebagai bumbu masak. Penderita kolesterol tinggi bisa makan 3 siung bawang putih perhari. Minum banyak air putih supaya terhindar dari dehidrasi akibat senyawa diuretik di dalamnya. 

3. Seledri

Bahan masakan yang biasa digunakan untuk olahan sop ini juga bisa menjadi cara menurunkan kolesterol secara alamiah. Kandungan metanol dan etanol di dalamnya mampu mencegah terjadinya plak dengan cara meningkatkan sirkulasi darah. 

Ekstrak heksana di dalam seledri dapat menurunkan tekanan darah. Untuk cara konsumsinya sendiri Anda bisa membuatnya menjadi jus. Dengan mengkonsumsi segelas jus seledri tiap harinya, dapat menurunkan tekanan darah secara optimal. 

4. Daun sirsak

Sirsak adalah buah berwarna putih yang memiliki cita rasa asam manis. Tidak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi, daunnya pun dapat dijadikan penurun kolesterol alami. Caranya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun. Kemudian saring, minum selagi hangat.

Jika ingin yang lebih praktis tanpa perlu memetik dan merebus, bisa langsung konsumsi ramuan herbal kaya manfaat Mosehat. Di mana beberapa testimoni Mosehat menyebutkan obat ini terbuat dari berbagai bahan alami untuk kolesterol dan asam urat.

5. Menghindari Makanan Berlemak

Selain mengobatinya dengan beberapa ramuan herbal, merubah pola hidup juga berperan penting. Dengan menghindari makanan berlemak, kolesterol akan membaik secara alami. Jadi, hindari konsumsi gorengan berlebihan. 

Beberapa cara menurunkan kolesterol secara alamiah di atas bisa diterapkan sedini mungkin. Namun jika kolesterol tidak kunjung normal segera konsultasikan masalah kesehatan kepada dokter supaya ada tindak lanjut. 

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alamiah