3 Aturan Penulisan Artikel yang Baik dan Benar

Menulis artikel memang bisa dilakukan oleh siapa saja, namun ada aturan penulisan artikel yang harus diikuti agar tulisan yang dibuat enak dibaca oleh orang lain. Ada beberapa kaidah dan ketentuan dalam penulisan yang harus diketahui sebelum menulis artikel yang baik. Apa saja itu?

Beberapa Aturan Penulisan Artikel

3 Aturan Penulisan Artikel yang Baik dan Benar

Ciri artikel yang baik adalah artikel tersebut bisa menarik perhatian para pembaca dan mereka betah membaca artikel tersebut. Oleh karena itu, penting sekali untuk memposisikan diri sebagai pembaca sebelum menulis artikel. Berikut ini beberapa tips menulis artikel yang bisa Anda ikuti, di antaranya:

1. Perhatikan Kaidah EYD/KBBI

EYD atau KBBI penting sekali untuk dipahami agar artikel yang dibuat sesuai dengan kaidah penulisan yang telah ditentukan. Mulai dari penulisan judul yang tepat, penggunaan tanda baca, huruf kapital, kutipan, dan lainnya. Kaidah tersebut penting untuk diikuti agar tulisan lebih rapi.

Tentu pembaca akan senang jika artikel yang dibaca rapi dan mudah dalam menemukan intonasi yang tepat melalui tanda baca yang disematkan. Selain itu, penggunaan kaidah EYD juga penting untuk diterapkan dalam semua jenis karya atau tulisan. Jangan lupa untuk memperhatikan typo juga.

2. Tidak Bertele-tele

Membaca artikel yang panjang dan bertele-tele tentu akan membosankan dan pembaca pun akan merasa jenuh dan bukan tidak mungkin mereka tidak akan menyelesaikan bacaannya. Oleh karena itu, tulislah artikel dengan bahasa yang padat dan jelas namun tetap mendetail.

Agar lebih enak dibaca maka dalam satu paragraf usahakan jangan terlalu banyak baris atau kalimat. Selain itu, dalam satu kalimat juga jangan terlalu banyak baris atau kata. Karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi kesan pembaca terhadap artikel yang ditulis oleh jasa penulis artikel.

3. Gaya Bahasa Enak Dibaca

Poin ini sangat penting sekali untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi bagaimana ketertarikan pembaca terhadap artikel tersebut. Sehingga usahakan untuk membuat artikel dengan gaya bahasa yang enak ketika dibaca dan mudah dipahami.

Karena gaya bahasa yang cenderung membingungkan justru akan membuat pembaca merasa bosan dan enggan untuk membacanya. Jadi, sebelum mengirim atau mengupload artikel tersebut maka bacalah kembali dan beri penilaian apakah sudah enak dibaca atau belum.

Dengan mengetahui aturan penulisan artikel yang baik dan benar seperti di atas maka evaluasi dan lakukan proses editing setiap menulis artikel.