Mengatasi Anak dengan Perilaku Bossy dengan Tepat dan Ampuh

Mengatasi anak dengan perilaku bossy mungkin akan sedikit menguras tenaga dan kesabaran. Namun hal ini lebih baik daripada membiarkan dan selalu menuruti apa yang diperintahnya. Anak bossy berbeda dengan anak yang banyak keinginan, sebab anak selalu ingin menjadi pengatur dalam rumah.

Mengatasi Anak dengan Perilaku Bossy

Mengatasi Anak dengan Perilaku Bossy dengan Tepat dan Ampuh

Jika anak terlanjur memiliki perilaku yang suka memerintah selalu marah-marah jika tidak dituruti, maka jangan segera berputus asa. Hal ini bisa diperbaiki dengan memulai terapi pendisiplinan, konsekuensi dan kasih sayang. Berikut yang harus dilakukan.

Membuat Komitmen dan Mengajarkan Kata Tolong, Maaf dan Terima Kasih

Anda sebagai orang tua harus memantapkan komitmen selama terapi berlangsung hingga anak benar-benar berubah. Jangan memberi toleransi terhadap sikapnya yang suka mengatur dan mudah marah. Namun tetaplah merespon dengan tenang dan tegas.

Pada momen khusus dimana anak merasa dalam kondisi stabil mulailah bernegosiasi dan membuat kesepakatan untuk menerapkan tiga kata ajaib. Diantaranya adalah tolong maaf dan terima kasih. Jelaskan mengapa si kata-kata tersebut wajib ada. Orang tua pun harus menggunakannya.

Mengawasi Perilaku Anak Saat Berhubungan Sosial dengan Teman dan Lingkungan

Pemahaman materi di dalam praktek tiga kata ajaib di rumah perlu dilakukan berkali-kali dengan cara yang menyenangkan. Kemudian cobalah melihat perkembangan anak ketika bermain bersama teman dan berada di lingkungan sekitar.

Bagaimana anak bersikap dan memperlakukan teman-temannya. Jika si kecil masih belum berhasil dan justru dijauhi teman karena perilakunya. Tetaplah tenang dan tidak menghakimi. Ajaklah berbicara dan diskusikan mengapa hal itu terjadi serta apa kesalahan yang telah dibuat.

Melatih Sikap dengan Permainan atau Mengikuti Tim Tertentu

Pribadi yang lebih baik harus muncul dan terus terjaga, yakni sifat tidak lagi selalu merasa jadi bos dan bisa mengatur siapa saja. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan kegiatan bersama sebagai permainan dimana terdapat aturan yang harus ditaati oleh anak.

Selain itu, memasukkannya dalam tim tertentu seperti tim olahraga dengan menempatkannya sebagai anggota akan membuatnya belajar meredam sikap selalu menguasai. Tunjukkan pula keuntungan jika ia bersikap ramah dan sopan misalnya dengan memiliki banyak teman dan hubungan yang baik. nah jika membutuhkan informasi lanjutan tentang parenting kunjungi https://hasnapreneur.com

Demikian informasi tentang tips mengatasi anak dengan perilaku bossy. Anda dan keluarga di rumah juga penting untuk selalu tersenyum untuk membuat suasana dirumah lebih kondusif dan tidak memicu kekesalan anak. Semoga bermanfaat.