7 Makanan Khas Nias Update

Makanan khas Nias mungkin belum begitu dikenal oleh Anda yang tidak pernah menginjakkan kaki di pulau kecil tersebut. Namun berbagai makanannya sangatlah lezat dan layak untuk dicoba. Berikut ini beberapa jenis makanan khas Nias yang cukup terkenal.

7 Makanan Khas Nias Update

1. Harinake

Salah satu menu makanan khas Nias adalah harinake. Makanan ini mungkin bisa dibilang bersifat non halal karena menggunakan bahan utama berupa daging babi. Lebih tepatnya makanan ini terbuat dari daging babi yang dicincang dan diiris dengan ukuran kecil serta tipis. Makanan ini biasanya dihidangkan secara khusus untuk menghormati tamu yang datang dan juga untuk menghormati mertua. Biasanya makanan ini dibuat dnegan menggunakan satu ekor babi yang kemudian dicincang.

2. Gowi Nifufu

Gowi nifufu merupakan makanan hasil olahan ubi. resep masakan khas Nias ini sudah ada sejak dulu sehingga masyarakat Nias telah mengenal makanan ini sejak lama. Di zaman dahulu memang banyak masyarakat yang mengonsumsi ubi karena beras sangatlah langka dan juga mahal. Bahkan di masa itu kebanyakan orang yang belum makan ubi ini beranggapan bahwa dirinya belumlah makan. Sebab makanan ini seringkali dijadikan sebagai hidangan utama.

3. Ni’owuru

Ni’owuru adalah nama sebutan untuk makanan dari Nias yang merupakan asinan daging babi. Namun sebenarnya makanan ini tidak selalu menggunakan daging babi sebagai bahan utama. Ni’owuru bisa juga dibuat dari daging yang lainnya seperti misalnya daging ayam atau daging sapi dan juga daging kerbau. Jadi sebelum membelinya Anda bisa bertanya terlebih dahulu mengenai jenis daging yang diasinkan kepada penjualnya. Daging dalam makanan ini biasanya diasinkan dengan tujuan agar bisa lebih awet.

4. Lehedalo Nifange

Untuk kuliner yang satu ini biasnaya dijadikan sebagai lauk oleh masyarakat Nias. Makanan yang dikenal dari Nias ini terbuat dari bahan talas yang dimasak dengan cara direndang. Biasanya masyarakat di Nias menyatapnya dengan menggunakan sagu sehingga makanan ini menjadi lauk pilihan yang tepat. Walaupun hanya terbuat dari talas namun makanan khas Nias ini sangat tampak menggoda dan tentunya memiliki rasa lezat.

5. Kofo-Kofo

Masih ada pula makanan lainnya yang berasal dari Nias yaitu Kofo-kofo. Makanan ini terbuat dari bahan ikan yang telah dibuang kulitnya. Setelah itu ikan ini akan dimasak dengan menggunakan santan kelapa tepatnya setelah digoreng. Jadi makanan ini seringkali digunakan sebagai lauk untuk makan. Biasanya sebelum digoreng maka ikan ditumbuk hingga menjadi lebih halus. Setelah itu ikan yang telah ditumbuk dicampur dengan telur dan kemudian disteam. Sekilas makanan ini hampir mirip dengan gulai ikan.

6. Hambae Nititi

Jenis makanan khas Nias yang satu ini hampir mirip dengan abon. Hambae nititi merupakan makanan yang terbuat dari daging kepiting. Lalu daging kepiting ini dicampur dengan santan kelapa. Tentu saja makanan ini memiliki citarasa sangat gurih. Biasanya makanan ini disajikan pada bulan Mei dan Juni serta bulan Juli. Jadi bila Anda ingin mencobanya maka Anda perlu menjadwalkan kedatangan di Nias.

7. Silio Guro

Makanan terakhir dari Nias yang akan dibahas kali ini adalah silio guro. Makanan ini hampir mirip dengan pepes bakar yang sudah tentu terasa lezat. Makanan ini biasnaya dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan kemudian dipanggang di atas bara api yang sangat membara. Sedangkan isinya berupa daging kelapa dicampur dengan kelapa yang telah dibumbui.

Makanan khas Nias bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang berkunjung ke Nias dan ingin mencicip kulinernya. Cobalah mencarinya di beberapa rumah makan yang ada di daerah tersebut. Jika tidak menemukan, umumnya menu ini tersedia di kawasan pasar tradisional.