3 Komponen PC Gaming yang Wajib Ada Ketahui

Komponen PC gaming terdiri dari berbagai macam bentuk dan kegunaan. Jika Anda berminat merakit sendiri alat satu ini, maka wajib mengetahui beragam perangkat penyusun serta spesifikasi sesuai keinginan. Tujuannya agar lebih mudah saat prosesnya berlangsung.

Komponen PC Gaming

Beberapa komponen wajib ada pada PC gaming, tujuannya agar bisa beroperasi sesuai fungsinya. Sebelum melakukan pembelian guna perakitan komputer, sangat penting melakukan riset komponen yang sesuai dengan bagian lainnya, sehingga dapat tercipta keseimbangan. Berikut ulasannya:

3 Komponen PC Gaming yang Wajib Ada Ketahui

1.Centra Processing Unit (CPU) dan Motherboard

Penggunaan CPU dan motherboard pada PC gaming merupakan salah satu komponen pokok. Usahakan memilih performa yang mumpuni, karena konsentrasi pada pemakainnya akan lebih intens. Hal ini dapat mendukung agar tidak ada kendala saat pengoperasiannya.
Standar CPU saat ini untuk PC gaming adalah intel Core i5 6600. Sedangkan jenis motherboard yang cocok yakni LGA standart 1151. Pemasangan yang tepat antara kedua perangkat tersebut dapat mendukung kelancaran pengunaannya. Semakin modern prosesornya, maka kinerjanya lebih optimal.

2.Operating System (OS)

Perangkat satu ini merupakan hal yang harus ada pada sistem. Jenis yang cocok untuk PC gaming adalah windows 8 ke. Sebelum membelinya pastikan software tersebut merupakan versi asli, karena akan berpengaruh pada ketahanan dan kualitas.

Komponen PC gaming satu ini penting keberadaanya, karena berguna untuk menjalankan sistem operasi game. Untuk membuat kinerjanya lebih optimal, Anda dapat menggunakan jenis Windows 10, karena perangkat tersebut kerap menjadi incaran.

3.RAM

RAM sendiri memiliki fungsi agar PC gaming dapat beroperasi secara lancar. Semakin tinggi komponen tersebut, maka kualitasnya juga lebih baik. Selain itu, frekunsi yang terpasang harus dapat mengimbangi perangkat lainnya.
Standartnya pemakaian RAM dengan kapasitas 8GB sudah bagus, namun akan lebih optimal jika menggukan yang lebih tinggi, mislnya 16GB. Sedangkan untuk frekuensi yang bisa Anda aplikasikan pada PC gaming minimal dalah 1600MHz.

Komponen PC gaming perlu Anda ketahui sebelum melakukan proses perakitan. Karena setiap perangkatnya memiliki beragam kegunaan yang berfungsi untuk saling menyempurnakan. Tujuannya agar dapat beroperasi secara optimal.